Laman

Rabu, 01 Juli 2015

Ngabuburit Hijau - HGC Surabaya

Dewasa ini, kesadaran masyarakat akan lingkungan semakin menipis. Banyak diantara mereka yang masih membuat sampah tidak pada tempatnya, membuang sampah sembarangan di sungai atau tempat umum, pun kerap kali menggunakan plastic bag. Padahal hal sekecil itu jika dilakukan apalagi secara terus-menerus dapat membuat bumi kita semakin menangis. Layu karena tak diurus dan disayangi oleh penghuninya.

Sehingga, kita sebagai muda-mudi harapan Indonesia harus memiliki aksi yang nyata untuk menyelamatkan lingkungan. Aksi nyata tersebut tidak harus berupa aksi nyata yang besar-besaran. Tapi dapat kita mulai dengan hal kecil terlebih dahulu. Jika dilakukan terus-menerus akan menjadi kebiasaan dan tentunya berdampak positif untuk bumi tercinta, bukan? Selain gerakan-gerakan itu pula juga perlu dilakukan edukasi ke setiap lapisan masyarakat. Karena ilmu akan lebih bermanfaat jika dibagi ke sesama.

Maka berangkat dari situ terbentuklah Hilo Green Community Surabaya yang memiliki visi dan misi yang sama untuk proses awal menyelamatkan lingkungan. FYI, Hilo Green Community atau HGC ini sudah menjamur di Indonesia. Tidak hanya ada di Surabaya tetapi juga ada di 17 kota lain di Indonesia. Seru bukan? 


Kali ini saya ingin share keseruan "Ngabuburit Hijau" beberapa waktu yang lalu. Event ini dibuat tentunya tetap dengan tujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pola hidup hijau.

HGC Surabaya berkolaborasi dengan HGC Malang untuk mengadakan event yang bertempat di Midtown Hotel, Surabaya, Sabtu (27/5) kemarin. Acara ini berupa community gathering yang diikuti sekitar 20 komunitas kepemudaan di Surabaya dan sekitarnya terutama komunitas hijau. Tujuan dari "Ngabuburit Hijau" adalah:

  • Memberi edukasi kepada masyarakat mengenai pola hidup hijau melalui pembicara dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya.
  • Mengajak pemuda-pemudi Indonesia khususnya Surabaya untuk turut menjaga lingkungan kota Surabaya.
  • Mengakrabkan komunitas-komunitas kepemudaan yang ada di Surabaya dan sekitarnya.
Dengan diadakannya acara ini, diharapkan seluruh komunitas yang hadir dapat saling menginspirasi utnuk melakukan pola hidup hijau, menjalin relasi, dan meningkatkan sinergitas antar komunitas yang ada.

Acara dimulai sekitar jam 15.30 WIB. Setelah pembukaan acara ada pengenalan HGC Surabaya dan Malang serta project dari HGC. Lalu ada green motivation dari DKP (Dinas Kebersihan dan Pertamanan) Kota Surabaya. Selain green motivation juga ada sharing session yan tentunya bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai lingkungan. Nah, semua komunitas yang datang sore itu berkesempatan untuk memperkenalkan komunitasnya. Ada komunitas Nebengers, Rumah Remaja Surabaya, TruAge, Guk&Yuk Sidoarjo, Granat, Surabaya Youth, Cak & Ning Surabaya, Raka Raki, L-Men, Barnas, FAS, Puteri Indonesia Jawa Timur, Sobat Bumi Surabaya, KPPL, AKBER, Nol Sampah, YGH, Earth Hour, dan KJPL. Selesai marathon speech dari semau komunitas juga ada buka bersama dan pengenalan mengenai Hilo Green Leader yang menggantikan Hilo Green Ambassador. Dan di akhir acara ada seru-seruan buat 2nd Anniversary dari HGC Surabaya.

Setelah acara ini selesai tentunya semua materi yang diberikan dapat bermanfaat dan tentunya tetap terjalin hubungan yang baik antara semua komunitas yang ada.

Ngabuburit Hijau

Perwakilan HGC Pusat

Teman-teman komunitas
Guk & Yuk Sidoarjo
Perwakilan Puteri Indonesia Jawa Timur

Buka Bersama
Penyerahan plakat dari HGC Surabaya untuk DKP Kota Surabaya
2nd Anniv HGC Surabaya
Foto bareng semua komunitas


HGC Surabaya. WE LOVE GREEN!


Mau tahu kegiatan HGC Surabaya yang lain? Nanti, ya! Sekarang lagi prepare buat Reusable Bag Campaign. Buat yang penasaran, esok hari jumat (3/6) jam 16.00 bisa datang ke Taman Bungkul Surabaya. See ya, Green Booster! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak sesuai cerita diatas. Semoga bermanfaat.

And thanks for your visiting! :)