Laman

Senin, 08 Juni 2015

Ranger Hijau

Alam adalah bagian dari manusia. Pun manusia adalah bagian dari alam. Keduanya saling berkaitan. Keduanya saling membutuhkan. Jika mereka tak berdampingan, pasti tak akan bisa menjalani kehidupan yang telah dianugerahkan Tuhan.

Berangkat dari situ, kumpulan muda-mudi yang mayoritas menetap di Surabaya ikut bergabung dengan Hilo Green Community Surabaya yang dinaungi oleh Nutrifood. Sekumpulan orang yang membentuk komunitas peduli lingkungan itu merencanakan berbagai program kerja yang dapat memberikan manfaat tidak hanya untuk pelaku-pelakunya tetapi juga untuk lingkungan. Sekecil apapun gerakan itu, jika dilakukan terus menerus pasti akan menuai manfaat. Salah satu program kerja yang dilaksanakan HGC (Hilo Green Community) ini adalah Panti Binaan yang dilaksanakan bersama Panti Asuhan Aisyiyah II, Jambangan.

Program kerja yang dipegang Fikri (mahasiswa semester 6 Sistem Perkapalan, ITS) ini direncanakan berjalan selama 3 bulan. Untuk pelaksanaannya dilakukan setiap 2 minggu sekali. Kegiatannya bermacam-macam dan tempatnya pun tak melulu di Panti Asuhan. Perkenalan, Vertical Garden, Tanam Mangrove, Group Discussion, Post Test, dan Closing Ceremony di Kebun Binatang Surabaya sekaligus edukasi adalah silabus Panti Binaan ini.


Vertical Garden. Pastinya vertical garden dibuat untuk mempercantik rumah. Tetapi, berbeda dengan taman yang lain, vertical garden dibuat jika media tanam di rumah terlalu sempit atau bahkan tidak ada. Sehingga dimanfaatkan tembok untuk membuat vertical garden. Jadi hal itu dilakukan juga untuk mempercantik tembok dengan memanfaatkan botol air mineral bekas serta tali tampar. Kemudian digantung dengan jumlah tanaman sesuka hati.

Tanam Mangrove. Seperti biasa, kegiatan ini dilakukan di Bozem Wonorejo. HGC mengajak masyaraka umum untuk mengikuti tanam mangrove atau yang sering kami sebut Konco Mangrove. Pendaftarannya pun gratis. Selain mendapat edukasi tentang penanaman mangrove dan berbagai aves yang berada di Wonorejo, peserta juga mendapat produk Nutrifood secara gratis. Apalagi kalau bukan susu Hilo? Selain itu, kami juga melakukan susur sampah di dekat tempat penanaman Mangrove. Begitu banyak sampah plastik yang berceceran. Kalau bukan kita yang memungut dan membuangnya ke tempat sampah, siapa lagi? Pohon tak bisa bergerak dengan sendirinya.

Dan masih banyak lagi kegiatan yang bekerja sama dengan Panti Asuhan Putri Aisyiyah II, Jambangan ini.

Panti binaan merupakan bagian dari program kerja bagian konsentrasi. Jadi tidak hanya mengerjakan program kerja lalu selesai tapi setelah itu masih ada kelanjutannya. Sehingga dilakukan selama 3 bulan. Walaupun 3 bulan sudah usai, tapi HGC Surabaya juga masih tetap mengontrol apa-apa yang sudah di-share. Seperti diketahui, beberapa waktu yang lalu saya dan teman-teman ke sana, vertical garden yang diajarkan semakin bertambah.


Welfie bareng adek-adek panti dan HGC Surabaya
Vertical Garden
Keseruan bareng adek-adek dan ibu panti
Tanam Mangrove di Wonorejo

Kumpulin sampah yuk!
Closing panti binaan di Kebun Binatang Surabaya
Game kecil di closing panti binaan
Apa cuma itu kegiatan dari HGC Surabaya? NO!

Masih banyak kegiatan yang tentunya bertujuan untuk mengajak masyarakat melakukan pola hidup hijau, mengedukasi masyarakat, dll. Misalnya, 3 Mei 2015 yang lalu, bersama 17 Hilo Green Community yang lain di seluruh Indonesia melaksanakan Tumbler Day. Konsepnya pun berbeda-beda. Tergantung konsep HGC setiap kota. Untuk di Surabaya, Tumbler Day dilakukan di Taman Bungkul sewaktu Car Free Day. Siapa yang menukarkan botol plastik sebanyak 20 buah, akan mendapat Tumbler dari Hilo Green Community. Selain itu juga dilakukan campaign dari komunitas Hilo maupun komunitas lain yang diundang pada hari itu. Tujuannya adalah agar setiap orang mengganti penggunaan botol plastik dengan tumbler. Sehingga dengan itu dapat mengurangi sampah botol plastik yang tentunya susah untuk terurai. So, dari sini udah tau kan? Sekecil apapun usaha kita untuk menyelamantkan bumi pasti nantinya akan bermanfaat. Tumbler Day juga bertepatan dengan hari jadi Hilo Green Community di seluruh Indonesia.

Foto bareng pengunjung, komunitas lain dan HGC Surabaya

Pengunjung - anggota GRANAT - anggota HGC Surabaya

WE LOVE GREEN | BRING YOUR TUMBLER

Dan baru-baru ini, HGC Surabaya melakukan Open Recruitment Hilo Green Community di kantor Nutrifood Indonesia yang bertempat di SIER, Rungkut. Alhamdulillah banyak yang ikut berpartisipasi dalam acara ini. Tentunya diharapkan dengan jumlah yang ada, makin banyak ranger hijau yang paham dengan lingkungan, ikut mengedukasi dan tentunya menerapkan green living.

Discuss!
Welcome to our new family

Sekian dulu hari ini. Kali lain bakal saya share apa aja kegiatan Hilo Green Community Surabaya.





HGC Surabayaaaaa. We Love Green!!!

2 komentar:

Tinggalkan jejak sesuai cerita diatas. Semoga bermanfaat.

And thanks for your visiting! :)